Resmikan RSUD ASA, Mohammad Idris: Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

RSUD
Walikota Depok Mohammad Idris didampingi Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri serta Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat meresmikan RSUD ASA di wilayah Kecamatan Tapos.

DEPOKTIME.COM, Cimpaeun – Untuk warga Kota Depok yang membutuhkan pelayanan kesehatan, Walikota Depok, Mohammad Idris resmikan Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Sehat Afiat (RSUD ASA) Kota Depok di Jalan Raya Tapos Nomor 1 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Selasa (15/11/2022).

Dalam peresmiannya, menurut Mohammad Idris, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan dasar sesuai ketentuan kelas RS tipe C di RSUD ASA, yaitu, layanan penyakit dalam, anak, bedah umum, kebidanan dan kandungan.

“Dengan taglinenya Menata Asa dengan Cinta yang sebenarnya terinspirasi dari sebuah lagu yang sering dibawakan oleh Bunda Elly Farida tentang cara merawat cinta hingga tutup usia,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida serta Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri.

RSUD
Walikota Depok Mohammad Idrtis didampingi Wakil Walikota Depok, Sekretaris Daerah Kota Depok, Ketua DPRD Kota Depok seerta Ketua TP PKK Kota Depok saat menggunting pita tanda peresmian RSUD ASA.

Lebih lanjut, Mohammad Idris katakan bahwa sejumlah peralatan penunjang pelayanan kesehatan juga sudah tersedia, seperti ruang operasi, ruang bersalin, poliklinik dan ruang farmasi.

Dan penyediaan RSUD di bagian timur Kota Depok ini tentunya sesuai dengan amanah Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang masalah pengelolaan upaya kesehatan perorangan dan rujukan, juga UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang tanggung jawab pemerintah daerah yaitu bertanggung jawab menyediakan rumah sakit sesuai kebutuhan masyarakat Kota Depok juga sudah mempunyai Perda Sistem Kesehatan Daerah (SKD) Nomor 17 Tahun 2017.

“Perda ini mengatur tentang upaya kesehatan perorangan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan mencegah dan menyembuhkan penyakit pengurangan penderitaan akibat penyakit serta memulihkan kesehatan,” katanya.

“Untuk itu, Kota Depok mempunyai 25 rumah sakit rujukan, salah satunya RSUD di Sawangan bernama RSUD Khidmat Sehat Afiat, juga ada 22 RS swasta yang berpartisipasi, berkontribusi dan berkiprah melayanai warga Depok,” tambahnya.

Meski demikian, sambung Mohammad Idris, upaya pencegahan lebih baik daripada pengobatan, dan itu menjadi prinsip dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Makanya terus membangun di masyarakat dengan PHBS nya, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) nya, kita juga sudah melakukan deklarasi Kota ODF, kemarin mendapatkat penghargaan sertifikat dari Pak Gubernur, tinggal membenahi agar dapat Kota Sehat di tahun 2023,” pungkasnya. (Udine)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *