BERITA  

Tanda Bakti Kepada Orangtua, Thohir Bersaudara Bangun Masjid

Tanda Bakti Kepada Orangtua, Thohir Bersaudara Bangun Masjid

DEPOKTIME.COM, Depok-Pengusaha Thohir Bersaudara yang terdiri dari Garibaldi Thohir, dan Erick Thohir, mewujudkan tanda bakti kepada almarhum orangtua mereka dengan membangun Masjid di wilayah Kecamatan Tapos Kota Depok.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga ketua umum Dewan Masjid Indonesia dijadwalkan untuk meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan masjid yang nantinya bernama At Thohir.

Tanda Bakti Kepada Orangtua, Thohir Bersaudara Bangun Masjid

Keberadaan masjid tersebut nantinya menjadi salah satu ikon baru yang ada di wilayah Tapos. Dengan konsep bangunan masjid serba putih yang nantinya akan banyak difungsikan untuk kepentingan masyarakat.
“Ini merupakan tanda bakti kami kepada almarhum,” tutur Garibaldi Thohir yang merupakan putra kedua Teddy Thohir disela acara pelantikan batu pertama pada Sabtu (31/03/2018).

Dirinya menuturkan bahwa bersama sang adik, Erick Thohir, telah berjanji untuk membangun masjid buat tanda bakti kepada ayahanda.

“Niat ini sudah ada sejak almarhum masih sehat,” ujar Boy Thohir sapaan akrab Garibaldi Thohir.
Lebih lanjut Boy menjelaskan alasannya untuk menjadikan masjid ini berwarna serba putih. Putih, menurut dia, adalah lambang dari kesucian. Kata ini memiliki arti yang sama dengan masjid tersebut, yaitu At Thohir, yang juga berarti suci.

Selain itu, lanjut Boy, arsitektur bangunan masjid tersebut juga didesain dengan menampilkan simbol-simbol ikatan keluarga. Masjid tersebut memiliki kubah utama yang paling besar yang terletak dengan mihrab (tempat imam shalat).

“Kubah ini menjadi simbol sang ayah yang bertugas menjadi imam bagi keluarganya,” imbuh Boy.

Mengikuti kubah utama yang paling besar, terdapat tiga kubah putih berukuran sedang. Menurut Boy, ketiga kubah ini melambangkan putra-putri almarhum yang berjumlah tiga orang. Kemudian kubah besar dan kubah sedang itu dikelilingi kubah-kubah kecil yang menjadi simbol cucu-cucu almarhum.

“Kesemua kubah tersebut berada atas topangan dari bangunan utama yang merupakan simbol Ibu. Ibu menjalankan peran penting untuk mendukung dan mempersatukan semua anggota keluarga,” ujar Boy.

Tak hanya menjadi simbol akan pentingnya peran keluarga dalam kehidupan. Masjid At Thohir ini juga nantinya akan menjadi persembahan bagi masyarakat luas. Boy juga mengungkapkan bahwa secara sosial, masjid ini harus memiliki fungsi yang maksimal. Selain sebagai tempat menjalankan ibadah ritual, Boy berharap masjid ini nantinya bisa menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat.

“Masjid At Thohir nantinya bukan hanya sebagai tempat ibadah ritual, tapi juga merupakan bagian penting dalam proses perkembangan peradaban,” pungkas Boy. (Udine/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *