BERITA  

Susu Pilkada Tiba di Gudang KPU Kota Depok

Susu Pilkada Tiba di Gudang KPU Kota Depok

DEPOKTIME.COM, DEPOK-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok terus memastikan logistik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 tersedia dalam waktu segera. Jumlah surat suara yang KPU Depok cetak adalah sejumlah DPT ditambah 2,5% sebagai cadangan atau sejumlah 1.262.051 lembar surat suara.

“Kami mengestimasi surat suara tersebut akan masuk gudang kami diperkirakan tanggal 24 November ini atau bahkan bisa lebih cepat. Kami terus berupaya agar semua logistik bisa kami terima dalam waktu dekat ini,” ujar Ketua KPU Depok, Nana Shobarna saat mengawal Surat Suara yang tiba di gudang KPU Kota Depok Kubik Logistik Kelurahan Tugu – Cimanggis yang di bawa dengan pengawalan ketat dari PT. Gramedia Printing Jl. Rancaekek KM. 24 – Bandung, Rabu (19/11/2020).

Susu Pilkada Tiba di Gudang KPU Kota Depok

Surat suara tersebut diberangkatkan dari Bandung dengan pengawalan ketat kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops dan Tim Jaguar serta didampingi oleh Anggota KPU Depok dan Anggota Bawaslu Depok.

Setelah beberapa waktu lalu dilakukan kegiatan pengawasan produksi surat suara yang dilakukan KPU Kota Depok didampingi Forkopimda dan Bawaslu dengan tujuan ingin memberikan gambaran dan penjelasan kepada pihak terkait tentang produksi surat suara di perusahaan, mulai dari penyerahan materi, pencetakan, penyortiran, pelipatan sampai dengan packing dan pengiriman dari perusahaan ke gudang.

“Seluruh kegiatan tersebut diawasi oleh pihak kami, agar kami dapat memastikan bahwa semua berjalan baik. Pada saat itu kami mengestimasi kedatangan surat suara pada tanggal 24 November 2020, tapi alhamdulillah pada hari kemarin telah tiba di gudang kami. Kami sangat bersyukur hal tersebut bisa kami upayakan lebih cepat,” terang Nana Shobarna.

Sebagaimana diketahui, KPU Kota Depok saat ini selain sedang melakukan tahapan rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga tengah fokus kepada tahapan logistik. Tahapan logistik juga merupakan tahapan krusial dan penting yang memerlukan perhatian secara khusus.

Logistik pemilihan berupa surat suara merupakan salah satu instrumen penting tahapan dalam penyelenggaraan pemilu atau pilkada yang tidak boleh dianggap remeh. Seperti penyelenggaraan saat ini, pilkada sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih. Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui surat suara.

“Jadi, logistik surat suara pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi disamping instrumen logistik yang lain,” tuturnya.

Sejak awal KPU Kota Depok telah mempersiapkan dan merencanakan pengelolaan logistik pilkada ini dengan standar operasional prosedur ‘just in time’ dalam penyelenggaraan kali ini. Kami mengedepankan prinsip tepat jumlah, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas sehingga dalam pelaksanaan pilkada tidak dijumpai hambatan dan kendala mengenai logistik pemilihan sampai dengan semua tahapan pilkada selesai.

Sebagai informasi logistik pilkada yang sudah diterima di gudang KPU Kota Depok diantaranya kotak suara, bilik, segel, hologram, sampul dan lain sebagainya. Kami tetap terus akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel.

“Kami tak bosan-bosannya terus mengajak kepada masyarakat Depok jangan lupa 9 Desember 2020 datang ke TPS dengan tentunya mematuhi penerapan protokol kesehatan,” tandasnya. (DIN/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *