BERITA  

Raih Penghargaan Kategori Kota ODF, Mohammad Idris: Sehat Itu Anugerah

ODF
Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Bunda Elly Farida, Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati dan tim Dinkes Kota Depok usai menerima penghargaan di halaman Gedung Sate, Bandung. (Foto: Istimewa)

DEPOKTIME.COM, Bandung – Kota Depok berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten atau Kota yang telah melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kategori Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Atas pencapaian raihan tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris menyebutkan bahwa sehat merupakan anugerah.

“Sehat adalah anugerah, sehat juga asa. Karena itulah pemerintah kota (pemkot) terus berikhtiar menjadikan Kota Depok sebagai kota sehat sesuai dengan misinya mewujudkan kota yang aman, sehat, dan nyaman,” tutur Mohammad Idris usai menerima Piagam Penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Senin (14/11/2022).

Menurut Mohammad Idris, salah satu unsur kota sehat adalah program STBM yang pilar pertamanya ODF. Yaitu bebas dari perilaku Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberikan sertifikat atas deklarasi ODF kota 100 persen di semua kelurahan, sebagai motivasi dan pendorong utama menuju Kota Sehat di tahun 2023,” terang Mohammad Idris.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 63 kelurahan di Kota Depok telah melaksanakan deklarasi ODF 100 persen. Selanjutnya, Kota Depok menjalani verifikasi lapangan oleh Pemprov Jabar. Dari hasil penilaian tersebut, Depok berhasil mendapatkan penghargaan yang merupakan kota pertama di Jawa Barat. (Udine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *