BERITA  

Personel Kodim 0508/Depok Latihan Menembak untuk Meningkatkan Kualitas

Personel Kodim 0508/Depok Latihan Menembak untuk Meningkatkan Kualitas

DEPOKTIME.COM, Depok-Ratusan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) lakukan latihan tembak untuk memelihara serta meningkatkan kualitas para personil dalam menggunakan senjata di lapangan tembak RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok pada Kamis(22/03/2018).

Dalam hal ini, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto mengatakan latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri) triwulan 1 tahun 2018 ini dilakukan seluruh personel Kodim 0508/Depok dari tingkat Perwira, Bintara sampai Tamtama.
“Untuk meningkatkan personel Kodim 0508/Depok dalam penggunaan senjata ringan, maka hari ini hingga esok seluruh personel mengikuti latihan menembak,” ucap Iskandarmanto kepada Depoktime.com.

Personel Kodim 0508/Depok Latihan Menembak untuk Meningkatkan Kualitas

Dirinya menerangkan bahwa menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap prajurit. Latihan menembak tersebut merupakan satu program pembinaan latihan rutin TNI AD yang dilaksanakan setiap 3 bulan.
“Tujuan dilaksanakannya latihan menembak ini adalah untuk mengasah kemampuan, meningkatkan ketrampilan dan kemahiran prajurit dalam bidang menembak,” terang Iskandarmanto.

Selain mengasah kemampuan dan kemahiran, lanjut Iskandarmanto, latihan tersebut juga memiliki tujuan untuk membina profesionalisme, khususnya prajurit Kodim Depok.”Intinya, prajurit TNI itu harus serba jago. Jago beladiri, jago tembak dan disiplin,” jelas Iskandarmanto.

Ditempat yang sama, Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kapten Arh Setiyono, selaku komandan latihan (Danlat) menjelaskan, dalam latihan menembak tersebut para prajurit menggunakan dua jenis senjata, yaitu laras panjang dan laras pendek.

“Untuk laras panjang kami menggunakan Senapan M 16 A1 dan Senapan jenis SS 1 V 1. Untuk laras pendek menggunakan Pistol jenis P 1 buatan PT Pindad,” jelas Setiyono.

Menurutnya, untuk materi menembak senapan jarak 100 meter yakni dengan sikap tiarap. Sedangkan latihan menembak pada jarak 25 meter memakai pistol, dengan sikap berdiri, menggegam pistol menggunakan kedua tangan.

“Kami berharap kepada seluruh prajurit untuk senantiasa menjaga faktor keamanan selama melaksanakan latihan. Serta ikuti dan patuhi aturan-aturan ataupun protap-protap selama di lapangan tembak, sehingga pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar,” pungkas Setiyono.(Udine/DT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *