BERITA  

Pastikan Pencetakan Surat Suara, KPU Depok Gandeng Forkopimda dan Bawaslu Dalam Peninjauan

Pastikan Pencetakan Surat Suara, KPU Depok Gandeng Forkopimda dan Bawaslu Dalam Peninjauan
DEPOKTIME.COM, DEPOK-Untuk memastikan pencetakan surat suara berjalan dengan baik dan sebagai pengawasan, KPU Kota Depok telah mengajak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Bawaslu Kota Depok untuk melakukan peninjauan dan pengawasan produksi surat suara yang dilakukan di PT Gramedia Printing Jalan Rancaekek KM 24, Bandung, pada Jumat (13/11/2020).
Dalam peninjauan tersebut juga dihadiri Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah, Dandim 0508 Depok Letkol Inf Agus Isrok Mikroj, Pejabat sementara wali Kota yang diwakili Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok Muksin Mawardi serta Ketua Bawaslu Depok Luli Barlini dan anggotanya.
Dalam peninjauan tersebut, Ketua KPU Depok, Nana Shobarna katakan tujuan dilakukannya kegiatan pengawasan produksi surat suara ini adalah KPU Kota Depok ingin memberikan gambaran dan penjelasan kepada pihak terkait tentang produksi surat suara di perusahaan, mulai dari penyerahan materi, pencetakan, penyortiran, pelipatan sampai dengan packing dan pengiriman dari perusahaan ke gudang.
“Seluruh kegiatan tersebut diawasi oleh pihak kami, agar kami dapat memastikan semua berjalan baik,” kata Nana.
Lebih lanjut, dikatakan Nana, KPU Kota Depok saat ini selain sedang melakukan tahapan rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), juga tengah fokus kepada tahapan logistik. Tahapan logistik juga merupakan tahapan krusial dan penting yang memerlukan perhatian secara khusus.
Logistik pemilihan berupa surat suara, kata Nana, merupakan salah satu instrumen penting tahapan dalam penyelenggaraan pemilu atau pilkada yang tidak boleh dianggap remeh. Seperti penyelenggaraan saat ini, pilkada sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih. Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui surat suara.
“Jadi, logistik surat suara pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi disamping instrumen logistik yang lain,” terang Nana.
Nana menuturkan, saat ini logistik pilkada yang sudah diterima di gudang KPU Kota Depok diantaranya kotak suara, bilik, segel, hologram, sampul dan sebagainya.
“Kami tetap terus akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel,” tutur Nana.
KPU Kota Depok juga kembali meminta warga Depok untuk tidak ragu datang ke TPS pada 9 Desember mendatang karena pelaksanaan pemungutan suara telah menerapkan protokol kesehatan. (Udine/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *