BERITA  

Mohammad Idris Resmikan Dua Gedung UPTD Puskesmas

Mohammad Idris Resmikan Dua Gedung UPTD Puskesmas

DEPOKTIME.COM, DEPOK-Wali Kota Depok Mohammad Idris meresmikan dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas yaitu Puskesmas Jatijajar dan Pondok Sukmajaya di gedung Puskesmas Jatijajar, Perum Jatijajar Estate Blok C, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, Selasa (15/09/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Mohammad Idris mengatakan fungsi dan peran Puskesmas di Kota Depok adalah sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat yang didukung dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang sistem kesehatan. Namun demikian fungsi dan peran Puskesmas harus bisa direvitalisasi dan dikembangkan.

“Fungsinya tidak hanya sebagai pusat kesehatan tetapi juga harus bisa membantu peran serta masyarakat dalam mewujudkan pola hidup sehat,” tutur Mohammad Idris.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan pola hidup sehat tidak hanya melibatkan aparat pemerintah saja, tetapi bisa melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan peran Puskesmas.

“Saat ini jumlah Puskesmas di Kota Depok sebanyak 38 Puskesmas. 12 Puskesmas diantaranya sudah menyelenggarakan layanan 24 jam. Termasuk Puskesmas Pondok Sukmajaya yang telah mendapatkan sertifikat kategori utama,” katanya.

Dirinya menjelaskan bahwa selain 12 Puskesmas yang menyelenggarakan layanan 24 jam berada di 11 kecamatan. Terdapat 10 Puskesmas yang melayani rawat inap (Poned) kecuali Kecamatan Limo yang belum memiliki Puskesmas Poned.

“Tahun depan pembangunan Puskesmas Poned di kecamatan Limo sudah ada. Semuanya dalam rangka meningkatkan pola hidup sehat.” jelasnya.

Karena itu, Walikota juga meminta bantuan dari unsur TNI dan Polri serta Camat dan Lurah, termasuk tokoh masyarakat untuk bisa terlibat mewujudkan pola hidup sehat.

“Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Masyarakat harus selalu kita ingatkan untuk selalu menggunakan masker. Memakai masker memang terasa gerah dan berat. Tetapi lebih berat lagi jika sudah terkena corona,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, Puskesmas Jatijajar merupakan revitalisasi dari Puskesmas lama yang kondisinya sudah tidak memadai lagi.” Diharapkan keberadaan Puskesmas ini dapat mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tandasnya.(Udine/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *