Minim Lahan Pertanian, Kota Depok Usung Konsep Urban Farming

Minim Lahan Pertanian, Kota Depok Usung Konsep Urban Farming

DEPOKTIME.COM, Cilodong – Meski minim lahan pertanian ternyata Pemerintah Kota Depok memiliki kemampuan ketahanan pangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pangan warganya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, saat ini konsep pertanian di Kota Depok ialah melaksanakan pembangunan pertanian perkotaan atau urban farming.

Dengan konsep urban farming mampu mengintegrasikan sektor pertanian, perikanan maupun ketahanan pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga ataupun kesehatan di masyarakat.

“Oleh karenanya komoditi yang dipilih adalah komoditi sayur-sayuran yang dapat meningkatkan kesehatan kita semua,” ujar Widyati Riyandani melalui keterangan resminya, Jumat (17/02/2023).

Terkait urban farming pada tahun ini, ucap Widyati, berupa kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Rumah Pangan Lestari (RPL) , pemanfaatan lahan terbatas untuk budidaya ikan konsumsi, serta pengolahan hasil perikanan menjadi support sistem dalam program Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka). Imbuhnya, Kampung Caraka generasi pertama akan dilaksanakan pada tahun ini dan generasi kedua pada tahun 2024.

“Kemudian, pada saat ini kami bersama dengan DKUM, DP3AP2KB dan juga Disnaker di fasilitasi Bappeda atau Pemerintah Kota Depok mengikuti desk penjaringan awal IP2K, yaitu Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif melalui bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, kemarin pada tahun 2022 kita mengikuti seleksi dan tahun ini kami memperoleh bantuan keuangan kompetitif untuk optimalisasi balai benih ikan sebagai salah satu UPT yang ada di DKP3,” tutupnya. (Udine).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *