Melalui Persidangan Secara Online, Bandar Sabu Dituntut Hukuman Mati

  • Bagikan
Melalui Persidangan Secara Online, Bandar Sabu Dituntut Hukuman Mati

DEPOKTIME.COM, Depok-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Depok Putri Dwi Astrini dan Iwan Sofyan menuntut hukuman mati terhadap Muhammad Marmuji, bandar sabu seberat 37,90 kilogram, dalam persidangan yang berlangsung secara Online di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Kamis (30/04/2020).

Melalui Persidangan Secara Online, Bandar Sabu Dituntut Hukuman Mati

“Dari fakta-fakta serta barang bukti yang dihadirkan di persidangan, perbuatan kedua terdakwa terbukti melanggar sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat 2 UU Republik Indonesia nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati,” ujar Iwan Sofyan.

Di depan majelis hakim, tim JPU Kejari Depok membacakan berkas tuntutan satu persatu. Dalam berkas tersebut, tim JPU menyebutkan tidak ada yang meringankan keempat terdakwa.

Bahkan hal yang memberatkan disebutkan perbuatan tidak mengindahkan program pemerintah dalam rangka pemberantasan tindak pidana penyalahgunaan narkotika.

Sehingga menimbulkan keresahan masyarakat termasuk merugikan generasi bangsa atas perbuatannya. Terdakwa termasuk dalam jaringan pengedaran narkotika skala nasional.

“Tidak ada hal yang meringankan. Terdakwa ini dituntut dengan hukuman mati,” tegasnya.

Dalam berkas tuntutan itu terdakwa melakukan tindak pidana membeli, mengedarkan, memiliki narkotika jenis sabu seberat 37,90 kg. Akibat perbuatannya, mereka diancam Pasal 112, 113 dan 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UURI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, KUHAP. (Udine/DT).

  • Bagikan