Koperasi Cinta Damai Wahid Menggelar “Ramadhan For Peace” Wahid Untuk Semua 

Koperasi Cinta Damai Wahid Menggelar “Ramadhan For Peace” Wahid Untuk Semua 

DEPOKTIME.COM, Depok – Koperasi Cinta Damai Wahid melakukan gelaran untuk bantu pemulihan ekonomi paska pandemi dengan menyasar khusus kelompok perempuan di Depok dan Bogor. Program Ramadhan for Peace #WahiduntukSemua merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Koperasi Cinta Damai Wahid, sejak 2013 secara rutin setiap Ramadhan KCD Wahid menggelar giat bersama dengan kelompok-kelompok perempuan akar rumput.

Pada tahun 2022 ini, KCD Wahid mengangkat tema “Pulih Bersama untuk Dunia Lebih Baik” pada Rabu, 27 April 2022 menyalurkan 3.600 paket bagi kelompok perempuan, anak yatim piatu, dhuafa, dan kelompok marginal.

Siti Kholisoh selaku Ketua Koperasi Cinta Damai Wahid menjelaskan bahwa giat Ramadhan for Peace tidak hanya sekedar memberikan bantuan, namun pesan yang ingin disampaikan adalah perhatian dan keberpihakan kepada kebutuhan masyarakat.

“KCD Wahid yang sejak awal didirikan untuk melanjutkan cita-cita kemanusiaan Gus Dur, harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat harus menjadi teman usaha dan sekaligus menjawab tantangan masyarakat langsung ditengah melambungnya harga minyak goreng kami membagikannya secara gratis kepada masyarakat,” tutur Olis.

Di samping program Ramadhan for Peace yang ditujukan untuk berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan, pihaknya bersama tim KCD Wahid selama ini juga membuat program-program pemberdayaan ekonomi bagi perempuan.

“Misalnya kami membuat program paket menabung hari raya, paket menabung untuk Pendidikan, pendampingan usaha komunitas dan berbagai pelatihan-pelatihan usaha. Kami percaya pendekatan ini akan jauh lebih efektif dibandingkan hanya sekedar membagikan paket sembako,” lanjut Olis.

Keterangan lain juga disampaikan oleh Visna Vulovik selaku Pengawas Koperasi Cinta Damai Wahid yang terlibat langsung dalam pembagian paket kemanusiaan di sejumlah titik di Depok.

“Kami menyebarkan lebih dari 3600 sembako kepada dhuafa, yatim, lansia, pekerja lepasan dan yang di sektor informal, orang sakit, korban bencana alam angin puting di sekitar Depok hingga pedagang keliling dan kaki lima,” lanjut Visna.

Visna juga menjelaskan alasan mengapa pembagian paket sembako ini cukup merata, pada prinsipnya setiap warga berhak untuk hidup sejahtera dan layak, apapun latar belakang baik agama, keyakinan, ataupun suku, selama mereka memenuhi kriteria sebagai kelompok rentan, maka dibantu. Sehingga, keberkahan bulan Ramadhan ini dapat dirasakan oleh semua, dan hal inilah sebagai misi utama Islam Rahmatan lil Alamin.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan sejumlah pihak, yakni Darmex Foundation, Sokka Gakai Indonesia, Maybank, Maybank Syariah dan Kreatif Inklusif Indonesia. Dan beberapa donatur yang secara khusus juga menitipkan penyaluran program kemanusiaan melalui KCD Wahid, kegiatan Ramadhan for Peace akan ditutup dengan kegiatan Talkshow Berkah bersama 20 anak yatim dan 80 dhuafa pada Jumat, 29 April mendatang.

Sebagaimana diketahui bahwa Koperasi Cinta Damai (KCD) Wahid yang didirikan oleh Wahid Foundation pada 2013 sebagai wadah membangun sustainability program khususnya memastikan kelompok perempuan dampingan Wahid Foundation mendapatkan akses keuangan dan ekonomi secara adil dan setara. Sekaligus sebagai media pengorganisasian kelompok ekonomi kecil perempuan, memastikan misi program Desa Damai, salah satu program terbaik Wahid Foundation, membangun daya tahan dan kohesifitas kelompok dalam aspek perlindungan dan pemberdayaan perempuan di tingkat Desa/Kelurahan. Saat ini, sejumlah 350.484 orang telah mendapat dampak dari keberlanjutan Desa Damai dan KCD Wahid.(Udine).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *