BERITA  

Hari Kesehatan Nasional Ke-58, Mohammad Idris Berkomitmen Wujudkan Depok Sebagai Kota Sehat

kesehatan
Walikota Depok, Mohammad Idris saat memberikan sambutan pada acara Hari Kesehatan Nasional Ke-58, di Alun-Alun Kota Depok, Grand Depok City. (Foto: Istimewa)

DEPOKTIME.COM, Cilodong – Saat menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat, aman dan nyaman. Hal ini telah tertuang dalam visi maju, berbudaya, dan sejahtera, serta dijabarkan dalam lima misi Kota Depok.

Mohammad Idris mengungkapkan, banyak capaian yang telah ditorehkan Kota Depok dalam mewujudkan kota sehat di bidang kesehatan. Mulai dari penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga nasional.

“Di antaranya pada 2021 dinyatakan oleh Provinsi Jawa Barat sebagai prevalensi stunting terendah se-Jabar. Kemudian, di tahun yang sama Kota Depok mendapatkan peringkat ketiga PHBS se-Jabar,” ujarnya saat menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Alun-Alun Kota Depok, Grand Depok City, Minggu (12/11/2022).

Mohammad Idris menyebut, pada tahun ini seluruh kelurahan di Kota Depok deklarasi sebagai kota ODF 100 persen, dan telah melalui proses verifikasi oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Atas upaya yang telah dilakukan tersebut, Kota Depok akan mendapatkan sertifikat kota ODF bersama Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Lanjut Mohammad Idris, tahun ini Kota Depok juga meraih Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) terbaik tingkat Provinsi Jabar, Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Nasional Profesi Penyuluh Kesehatan, serta Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Provinsi Jabar Profesi Dokter dan Perawat.

“Alhamdulillah, kami sudah selesai membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah timur di Kecamatan Tapos dengan nama RSUD ASA dengan kapasitas 100 tempat tidur. Insha Allah Selasa 15 November akan diresmikan sebagai RSUD Kota Depok,” paparnya.

Mohammad Idris menambahkan, kesehatan adalah mahkota bagi semua. Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada seluruh insan kesehatan untuk terus mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan pakai sabun.

Kemudian, mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin. Yaitu pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, serta pemeriksaan penyakit sesuai siklus hidup

“Selanjutnya terus mengembangkan diri dan organisasi kita dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Kota Depok,” pungkasnya. (Udine).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *