BERITA  

Hadapi Covid-19, Depok Keluarkan Program Nyaba Tetangga Online

Hadapi Covid-19, Depok Keluarkan Program Nyaba Tetangga Online

DEPOKTIME.COM, Depok-Kota Depok terus berinovasi dalam penanganan pandemi Covid-19, salah satunya dengan program Nyaba Tetangga Online. Tentunya hal tersebut sesuai dengan dikeluarkannya Instruksi Wali Kota Depok Nomor 3 Tahun 2020 tentang Program Peduli Terhadap Tetangga atau Nyaba Tetangga Online.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menuturkan, dalam program Nyaba Tetangga Online ini, camat dan lurah diminta untuk menyapa tetangga secara online untuk mengetahui kondisinya apakah dalam kondisi baik atau membutuhkan bantuan.

“Saya instruksikan camat dan lurah segera mengajak warganya untuk melaksanakan program Nyaba Tetangga Online. Perhatikan kesehatan warga setiap waktu tanpa harus menunggu laporan. Awali dengan menyapa warga setiap hari melalui media sosial dan group-group WhatsApp (WA) warga,” ujar Mohammad Idris, Selasa (05/04/2020).

Dirinya mengimbau para camat dan lurah juga meminta para warga untuk saling menyapa tetangga secara online guna mengetahui kondisinya. Terutama kondisi kesehatan apakah dalam kondisi baik atau membutuhkan bantuan.

“Camat, lurah harus sigap jika ada warga yang perlu bantuan kesehatan terutama jika kesehatan itu terkait virus Corona. Untuk itu saya juga berharap tata laksana diatur sesuai protokol Covid-19 dan dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Kampung Siaga Covid-19,” imbaunya.

Para ketua RT pun tak luput dilibatkan dalam intruksi tersebut. Mereka diminta untuk mengaktifkan sosial media seperti aplikasi WA, Twitter, Facebook, dan lainnya dengan melibatkan seluruh warganya yang tinggal atau berdomisili di lingkungannya.

“Dalam media sosial ini, setiap hari ketua RT diminta untuk menanyakan kondisi warganya atau masing-masing warga dapat menyapa tetangganya secara pribadi,” katanya.

Ia menuturkan bahwa bilamana nantinya ada warganya yang sakit saat di sapa, ketua dan pengurus RT diminta untuk menanyakan gejala yang dialaminya. Bila ada gejala Covid-19 seperti panas tinggi disertai panas dan sesak nafas, ketua lingkungan diminta untuk melaporkan ke Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19.

“Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 (kami minta) segera melaporkan warganya yang mengalami gejala ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan,” tuturnya.

Dirinya mengajak kepada masyarakat di Kota Depok untuk saling membantu sesama pandemi Covid-19. Misalnya dengan berbagi makanan atau uang dengan tetangga yang membutuhkan atau terdampak Covid-19.(Udine/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *