Berikan Perhatian Khusus Kelompok Rentan Perempuan dan Anak, Wahid Foundation Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Wahid
Yenny Wahid memberikan langsung bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak gempa bumi di Cianjur Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

DEPOKTIME.COM, Cianjur – Wahid Foundation melalui Gus Dur for Humanity #WahiduntukSemua menyalurkan sejumlah bantuan untuk para korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Yenny Wahid yang hadir dan memberikan langsung bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak gempa bumi menuturkan bahwa pihaknya akan memberikan perhatian khusus kepada para kelompok rentan Perempuan dan Anak. Pasalnya 268 jumlah korban yang meninggal, mayoritas adalah Anak-anak.

Bantuan kemanusiaan ini diantarkan langsung di Posko Gus Dur untuk Semua di Cianjur selanjutnya disalurkan ke beberapa titik lokasi-lokasi terdampak dan terparah.

Di sisi lain, kebutuhan mendesak saat ini bagi warga adalah ketersediaan tenda-tenda darurat. Karena mayoritas warga trauma untuk kembali ke rumah masing-masing Karena masih terdapat beberapa kali gempa susulan berskala ringan.

“Tiga hari paska gempa, ternyata masih banyak daerah yang belum terakses sama sekali Oleh bantuan. Kami memahami banyak kendala di lapangan seperti medan yang sulit, keterbatasan relawan yang sebágian fokus dalam evakuasi. Sehingga salurkan logistik kapada para korban,” ujar Yenny Wahid melalui keterangan resminya, Rabu (23/11/2022).

Yenny Wahid pun menerangkan bahwa bantuan yang telah disalurkan tahap pertama ini terdapat sebanyak 435 Paket Makanan Instan, 2 Ton Beras, 100 Selimut, 50 Terpal, 100 alas tidur, 50 karton biskuit, 50 karton susu bayi, 50 karton diapers, 100 paket vitamin dan obat-obatan.

“Bantuan yang disalurkan sesuai atas hasil asesmen di lapangan sebagaimana kebutuhan masyarakat terdampak saat ini,” terang Yenny Wahid.

Yenny Wahid menegaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak aparat keamanan, relawan, pimpinan desa atau kampung setempat untuk segera membuat dapur – dapur umum yang dikelola langsung Oleh warga di beberapa titik, sehingga warga juga berpatisipasi dan menjadi upaya menghilangkan traumatik.

Wahid Foundation membuka partisipasi bagi masyarakat yang ingin menjadi relawan. Bantuan tersebut merupakan hasil kumpulan donasi yang dilakukan Wahid Foundation melalui program Gus Dur for Humanity yang dikumpulkan dari berbagai mitra Wahid Foundation bersama masyarakat yang peduli terhadap korban bencana gempa di Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 lalu. (Udine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *