Optimalisasi Peran Jurnalis, ITJI Depok: Informasi Pilkada Harus Valid

Optimalisasi Peran Jurnalis, ITJI Depok: Informasi Pilkada Harus Valid

DEPOKTIME.COM, Depok – Optimalisasi peran jurnalis dalam sosialisasi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Ketua ITJI Kota Depok, Iyung sebut informasi Pilkada harus sesuai dengan fakta dan data.

“Untuk Pilkada serentak, media punya peranan penting dalam menyiarkan informasi. Terhadap informasi yang belum tentu valid, jurnalis lah yang harus meluruskan informasi tersebut dengan data dan fakta,” ujar Iyung dalam giat Forum Komunikasi Sosial Politik Optimalisasi Peran Jurnalis dalam sosialisasi, edukasi, dan literasi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Kota Depok, Hotel Bumi Wiyata, Senin (26/8/2024).

Optimalisasi Peran Jurnalis, ITJI Depok: Informasi Pilkada Harus Valid

‘Terkait berita hoax, kita akan tulis hoax, tapi jika sesuai dengan fakta, kita harus tulis sesuai dengan fakta,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto Jhorgi menyatakan bahwa dalam pelaksanaan pesta demokrasi agar melibatkan media.

“Mereka (media) juga akan membangun opini publik yang berbasis data dan analisis yang akurat,” tutur Manto.

Untuk informasi akurat, dirinya menginginkan KPU dan Bawaslu Kota Depok harus memberikan ruang kepada para media.

“Sehingga masyarakat mendapatkan pencerahan tentang perhelatan Pilkada. sehingga menambah partisipasi pemilih dalam mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024,” tutup Manto. (Udine).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *