RW02 Kalibaru Siaga Cegah Covid-19

  • Bagikan
RW02 Kalibaru Siaga Cegah Covid-19

DEPOKTIME.COM, Depok-Guna mencegah penyebaran Covid-19 dilingkungan RW02 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilodong, warga sepakat membentuk kampung siaga Covid-19.

Bukan tanpa sebab, sesuai anjuran pemerintah diharapkan setiap lingkungan RW membuat pos siaga Covid-19.

Lurah Kalibaru Zaenur Ahmad mengatakan bahwa jajaran pemerintah yang ada di Kelurahan Kalibaru telah melaksanakan kunjungan ke posko Kampung Siaga Covid-19 kesetiap Rukun Warga (RW)

“Hari ini lurah, LPM, Babinsa dan Binmas serta TKSK kecamatan cilodong melaksanakan kunjungan keposko kampung siaga sekaligus menyampaikan dana stimulan yang bersumber dari BTT APBD Depok sebesar 3juta. Dana tersebut untuk Kampung Siaga Covid yang ada di wilayah Kalibaru,” Kata Lurah Zaenur Ahmad kepada Depoktime.com pada Kamis (16/04/2020).

Dalam kunjungan ke 11 Kampung Siaga Covid-19, Ia juga menyampaikan dana jejaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD Kota Depok untuk 917 KK dari 2.882 KK yang diajukan ke Dinas Sosial Kota Depok.

“Mudah-mudahan melalui Kampung Siaga yang telah terbentuk semakin menguatkan komunikasi dan informasi terkait pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid dan efektifitas PSBB di Kota Depok,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua RW02 H. Ahmad Nurdin mengatakan tentunya perlu peran aktif dari masyarakat untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kami berharap warga turut serta menjalankan pola hidup sehat serta beraktifitas dirumah saja. Tidak menutup kemungkinan bagi yang aktif diluar rumah, agar memakai masker serta mempersiapkan Hand Sanitezer sebagai salah satu bentuk perlindungan diri dari penyebaran virus corona,” katanya.

Untuk pembagian bantuan sosial dari pemerintah, Ia mengusulkan agar seluruh warga mendapatkan bantuan tersebut. Agar tidak terjadi kecemburuan sosial ditengah masyarakat.

“Yang saya khawatirkan adalah pemberian bantuan sosial, jika tidak rata dalam pembagian bantuan tersebut maka akan terjadi kesalahpahaman antar warga. Tentu pengurus RW dan RT akan digeruduk oleh warganya,” imbuhnya.

Adapun kepengurusan Kampung Siaga Covid-19 RW02 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilodong adalah sebagai Pengarah yakni Camat Cilodong, Kapolsek Sukmajaya, Danramil Sukmajaya, Sekolah Relawan. Sebagai penanggung jawab adalah Lurah Kalibaru, Babinkamtibmas Kalibaru, Babinsa Kalibaru serta ketua RW02.

Sedangkan Komando Lapangan Kampung Siaga Covid-19 diketuai oleh Wawang (RT06) dan Arif (RT07). Sebagai Kordinator Kesehatan yakni Edi dan dr.Maria Ulfah. Untuk Kordinator Keamanan ditugaskan kepada Sentot. Sedangkan untuk koordinasi logistik dipegang oleh Suyudono, Hamdani, Sanin. Untuk Koordinasi Informasi dipercayakan kepada Dadang dan Faisal. (Udine/DT).

  • Bagikan