Wali Kota Depok Tekankan Peran Tokoh Agama untuk Sebarkan Pesan Kedamaian

  • Bagikan
Wali Kota Depok Tekankan Peran Tokoh Agama untuk Sebarkan Pesan Kedamaian

SUARADEPOKNEWS.COM, Depok-Peran tokoh agama di Depok sangat penting bagi masyarakat. Terutama dalam memberikan pemahaman mengenai ajaran nilai-nilai agama dan moral bagi masyarakat. Sehingga tercipta kedamaian antar umat. Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris dalam pengajian rutin Ulama-Umaro se-Kota Depok dengan mengangkat tema ‘Jikalau sekiranya penduduk negeri negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi (QS Al A’raf: 96)’.

“Jika, tokoh agama berhasil menyampaikan pesan kedamaian. Maka potensi terciptanya kehidupan yang tentram dan damai besar di tengah masyarakat. Mereka (tokoh agama) dapat menyebarkan pesan perdamaian dan anti kekerasan dalam setiap forum. Seperti saat ceramah umum, pengajian, majelis taklim, dan siaran media,” papar Mohammad Idris disela-sela acara Buka Puasa Bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Selasa sore (20/06/2017).

Lebih lanjut Idris juga mengimbau, untuk warga Depok yang ingin mudik lebaran agar tetap waspada saat meninggalkan rumah. Masyarakat harus melapor kepada RT, RW jika ingin meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.“Bagi para pemudik cek kelengkapan kendaraan, dan juga lapor ke pihak keamanan yang ada di wilayah misalnya RT, RW. Tak lupa, lapor juga kepada petugas keamanan lingkungan agar mudik terasa nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman menjelaskan, tokoh agama harus dapat mengajarkan kepada masyarakat dengan mengangkat nilai-nilai kemanusian. Sebab, peran utama tokoh agama adalah meredam konflik sosial yang kerap terjadi di masyarakat.

“Tokoh agama saat ini telah dijadikan ikon bagi masyarakat, karena mereka menghadirkan nilai-nilai kemanusiaan yang menyejukan hati dan membawa kedamaian. Karena itu, MUI Kota Depok selalu merangkul para ulama untuk memberikan tausiyah di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.(DKF/AR/SDN)

  • Bagikan