Tokoh Masyarakat Sukmajaya Sesali Pokir Dewan Nyalip Hasil Musrenbang

  • Bagikan
Tokoh Masyarakat Sukmajaya Sesali Pokir Dewan Nyalip Hasil Musrenbang

DEPOKTIME.COM, DEPOK-Tokoh masyarakat Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Sukmajaya, Anwar Yudiono menyayangkan pekerjaan Pokok Pikiran (Pokir) anggota dewan menyalip pekerjaan hasil dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) disetiap kelurahan.

“Sungguh disayangkan, ajuan pekerjaan hasil dari musyawarah dari tingkat RT/RW disetiap kelurahan ke tingkat kecamatan hingga tingkat kota tidak dapat direalisasi. Sedangkan hasil pokir anggota dewan yang merupakan pekerjaan tambahan dapat dilakukan, walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19,” ujar Anwar Yudiono kepada depoktime.com di Kelurahan Sukmajaya, Jumat (24/07/2020).

Karena hal tersebut, dirinya beranggapan bahwa yang pekerjaan hasil pokir anggota dewan mengabaikan kebutuhan masyarakat dalam hal pembangunan yang telah melalui proses Musrenbang terlebih dahulu.

“Seharusnya yang dikerjakan terlebih dahulu adalah hasil Musrenbang. Karena pengajuan pembangunan tersebut berasal dari proses melalui RT/RW, tingkat kelurahan, ke tingkat kecamatan lalu ketingkat kota,” paparnya.

Dan hasil Musrenbang, ia jelaskan telah dijamin secara utuh oleh undang-undang. Yang memprioritaskan hasil Musrenbang terlebih dahulu dibandingkan pokir anggota dewan.

“Setelah pekerjaan hasil Musrenbang, barulah pekerjaan dari pokir dewan,” jelasnya.

Terkait hal sebut, ia beranggapan bahwa ada sesuatu hal menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok yang akan diselenggarakan pada tahun ini.

“Apakah ini karena mendekati Pilkada, pekerjaan lebih didominasi oleh pokir dewan. Sedangkan pekerjaan hasil dari Musrembang yang berasal dari masyarakat dikebelakangkan pekerjaannya,” imbuhnya.

Seharusnya semua pekerjaan hasil dari Musrenbang dan juga Pokir dewan tidak dilakukan mengingat masa pandemi Covid-19.

“Bukan hanya hasil dari Musrembang yang pangkas sebanyak 30 persen secara umum, tapi Pokir dewan juga,” pungkasnya. (Udine/DT).

  • Bagikan