Tinjau Lokasi Longsor, Wali Kota Depok Ingin Penanganan Cepat

  • Bagikan
Tinjau Lokasi Longsor, Wali Kota Depok Ingin Penanganan Cepat

DEPOKTIME.COM, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris meninjau kondisi turap atau tebing yang longsor menutupi Kali Jantung di Perumahan Tirta Mandala RT 04 RW18 Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong yang membuat perumahan warga terendam air setinggi 50 Cm.

“Banjir yang terjadi, akibat ada turap tembok atau turap milik warga yang ambrol hingga puing menutupi aliran air di badan Kali Jantung. Luapan air tidak bisa dihindari, mengingat hujan yang terus menerus mengguyur sejak siang,” ujar Wali Kota Muhammad Idris didampingi Camat Cilodong dan Lurah Sukamaju di lokasi kejadian pada Sabtu (15/02/2020).

Tinjau Lokasi Longsor, Wali Kota Depok Ingin Penanganan Cepat

Pihaknya meminta kepada jajaran terkait untuk segera mengatasi banjir dan penyelesaian harus segera dilakukan, agar banjir tidak meluas.

Dirinya atas nama Pemkot Depok sangat mengapresiasi kinerja Perangkat Daerah (PD) dan instansi terkait dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala.

“Terima kasih atas gerak cepat pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Polsek, Koramil, Tim Damkar serta warga dalam melakukan penanganan banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala,” ujarnya.

Curah hujan yang tinggi banyak memberikan manfaat dan hikmah. Namun, perlu juga diperhatikan terkait pembangunan turap tebing dan turap sungai agar sesuai dengan ketentuan dan proses perizinan.

“Masalah jebolnya turap milik warga hingga menutup badan Kali Jantung, tidak lepas dari persoalan perbatasan wilayah dan penanggannya harus dilakukan secara kolaboratif dan komprehensif, tidak parsial,” katanya.

Sementara itu, sepuluh personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelematan Kota Depok ikut diterjunkan guna membantu menangani banjir di Perumahan Pondok Tirta Mandala RT04/RW18 Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong. Banjir tersebut diakibatkan longsornya turap dan menutupi badan Kali Jantung hingga menyebabkan air meluap.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Deni Romulo mengatakan, turap yang longsor langsung ditangani. Pihaknya menurunkan sebanyak sepuluh personel untuk membantu evakusi material turap.

“Sekitar pukul 19.00 wib, alat berat sudah sampai. Kami turut membantu bekerjasama dengan Tagana, TNI, Polri serta masyakat,” katanya.

Dirinya menjelaskan, pihaknya akan terus bersiaga mulai pukul 24.00-09.00 wib dini hari. Semua itu, guna mengantisipasi jika terjadi longsor susulan.

“Sekarang ini kami sedang melakukan penanganan cepat bersama DPUPR dan intansi terkait. Aksi cepat tanggap ini juga merupakan intruksi Wali Kota Depok, Mohammad Idris agar air tidak masuk lagi ke pemukiman warga,” pungkasnya. (Udine/DT).

  • Bagikan