Tawuran dan Peredaran Narkoba Dikalangan Remaja Jadi Sorotan Utama DPRD Kota Depok

  • Bagikan
Tawuran dan Peredaran Narkoba Dikalangan Remaja Jadi Sorotan Utama DPRD Kota Depok

DEPOKTIME.COM, Depok-Maraknya aksi tawuran antar pelajar di Kota Depok menjadi sorotan utama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok untuk segera ditangani dengan baik. Tentunya demi terwujudnya hal tersebut perlu sinergitas dari semua elemen masyarakat agar bisa mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi.

Sebagai anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah mengatakan kasus tauran antar pelajar dan juga peredaran narkoba dikalangan remaja yang terjadi di Kota Depok sudah sangat urgent. Untuk mengatasi hal tersebut bukan lagi bentuk himbauan yang diperlukan, akan tetapi intruksi dan esekusinya. Karena telah menjadi tanggung jawab dari semua elemen masyarakat luas dan bukan hanya pihak orang tua, pihak sekolah, dan pemerintah.

“Biasanya, asal mula terjadinya tauran adalah dari anak sekolah yang kongkow pada jam sekolah dan jam pulang sekolah akibat hal sepele seperti saling ejek,” ujar Qonita Lutfiyah yang merupakan wakil ketua BKD DPRD Kota Depok kepada Depoktime.com usai menghadiri rapat paripurna di Gedung Paripurna DPRD Kota Depok pada Jumat (01/11/2019).

Sebagai anggota dewan, dirinya menghimbau kepada pihak sekolah yang menerapkan peraturan anak murid tidak boleh masuk sekolah karena terlambat, agar segera mengganti kebijakan tersebut. Karena dari keterlambatan dan tidak bisa masuk kedalam sekolah itulah anak murid pada akhirnya kongkow disuatu tempat secara bergerombol hingga bisa terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Saya menyarankan bagi pihak sekolah yang menerapkan peraturan tersebut agar mengubahnya. untuk membiarkan anak murid masuk kedalam sekolah dan tetap diberikan pelajaran pendidikan walaupun belajar diluar kelas, untuk menghindari anak murid keluyuran di jam belajar,” imbau Qonita Lutfiyah yang juga tercacat sebagai ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan Kota Depok.

Kalaupun terjadi tauran, dirinya mengintruksikan semua pihak harus turun langsung mengatasi hal tersebut dengan cara membubarkan para aksi tauran.

“Tentunya semua pihak seperti Satpol PP, tokoh masyarakat dan lainnya harus segera membubarkan para aksi tauran jika terjadi di jam sekolah maupun di luar jam sekolah,” imbuhnya.

Dirinya meminta kepada pihak orangtua agar dapat bertindak tegas kepada anak yang terlibat tauran. Hal tersebut tentunya akan berdampak baik. Disekolah, guru dapat mengantisipasi dan diluar rumah, orangtua mengawasi. Dan pihak keamanan juga membantu dalam penyisiran tempat-tempat rawan tauran sehingga tidak terjadi tauran antar pelajar.

Terkait dengan peredaran narkoba dikalangan remaja juga tidak luput dari perhatian anggota DPRD. Bahkan belum lama ini tertangkap pengedar Ganja dalam jumlah besar yang dilakukan oleh usia remaja.

“Sangat disayangkan hal ini bisa terjadi. Mungkin karena faktor ekonomi yang menjadikan remaja tersebut akhirnya mengedarkan Ganja. Kami meminta generasi muda untuk produktif aktif dalam kegiatan positif dan menghindari penyalahgunaan serta pemakaian narkoba,” tandasnya. (Udine/DT).

  • Bagikan