Sutarno : Peran Masyarakat Dalam Pemilu Sangat Penting

  • Bagikan
Sutarno : Peran Masyarakat Dalam Pemilu Sangat Penting

DEPOKTIME.COM, Depok-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Sutarno SH mengatakan bahwa pengawasan tidak dilakukan oleh anggota Bawaslu saja, akan tetapi peran penting masyarakat untuk turut serta aktif dalam upaya pengawasan pemilu.

“Sangat penting peran masyarakat dalam pemilu 2019, apalagi para pemantau yang sudah terdaftar secara otentik ditingkat Bawaslu RI, Bawaslu Jawa Barat, hingga Bawaslu Kota Depok. Mereka bisa melakukan pemantauan pengawasan sampai tingkat TPS,” ujar Sutarno kepada Depoktime.com di Santika Hotel Jalan Margonda pada Kamis (28/03/2019).

Lebih lanjut dirinya menerangkan bahwa untuk mempermudah pengawasan pemantauan, ada baiknya para pemantau yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga dapat terekriditasi ataupun tercatat sebagai pemantau resmi yang terdaftar.

“Saya berharap dari pemantau yang datang dan mengikuti rapat kerja pengawasan pemilu yang berasal dari berbagai wadah atau organisasi bisa secara resmi terdaftar sebagai pemantau sehingga pemilu dapat berjalan langsung umum bebas dan rahasia,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan bahwa terdapat perlindungan secara hukum untuk para pemantau sehingga dalam pelaksanaan pemantauan, para pemantau mendapatkan rasa nyaman dan keamanan sehingga dapat bekerja dengan baik.

“Tentunya kami bekerjasama dengan pihak keamanan dalam memberikan rasa aman untuk pemantau dalam.melaksanakan tugasnya sebagai pemantau. Tak hanya itu, masyarakat yang tercatat sebagai pelapor pun mendapatkan perihal yang sama. Hal ini adalah upaya memberikan kepercayaan diri dan rasa terlindungi,” tandasnya.(Udine/DT).

  • Bagikan