Pradi : Peran TP4D Sebagai Konsultan Bagi Pemerintah

  • Bagikan
Pradi : Peran TP4D Sebagai Konsultan Bagi Pemerintah

SUARAEPOKNEWS.COM, Depok-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terbuka menerima pendampingan hukum yang diberikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok melalui program Tim Pengawasan, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Dengan TP4D, upaya pencegahan lebih diutamakan dibandingkan penindakan.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, adanya TP4D dinilai membantu pemerintah dalam mencegah segala bentuk penyimpangan dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Kota senantiasa menjalin hubungan baik dengan Kejari Depok.

“Tentu kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Kejari Depok. Sebab dapat dimanfaatkan sebagai upaya mencegah bentuk penyimpangan,” kata Pradi Supriatna baru baru ini.

Ditambahkan Pradi, peran TP4D dapat sebagai konsultan bagi pemerintah untuk menangani segala pembangunan. Karena itu, diharapkan, pemerintah dapat melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan tanpa ragu, sehingga anggaran yang ada dapat terserap dengan baik.

Sedangkan, Kepala Kejari Depok, Sufari menegaskan, saat ini pihaknya sedang fokus upaya pencegahan pelanggaran hukum. Salah satunya adalah ikut berpartisipasi dalam pembangunan agar berjalan lancar sesuai rencana.

“Upaya pencegahan bentuk penyimpangan salah satunya melalui program TP4D. Tim tersebut dibentuk berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi,” tutur Sufari.

Dibentuknya TP4D, lanjut Sufari, berguna untuk menghilangkan keraguan pada Pemerintah kota dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Semua itu agar anggaran pembangunan dapat terserap optimal di Depok.

“Dan juga kami (Kejari) mendampingi supaya pembangunan berjalan tanpa melanggar hukum,” pungkasnya.(AR/SDN)

  • Bagikan