Pasca Hujan Deras, Bangkai Hewan Tersangkut Disaluran Kali Pemkot Depok

  • Bagikan
Pasca Hujan Deras, Bangkai Hewan Tersangkut Disaluran Kali Pemkot Depok

DEPOKTIME.COM, Depok-Derasnya debit air pada saluran sungai, saluran kali pasca hujan pada sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (01/01/2020) mengakibatkan beberapa saluran kali mengalami longsor dan turap saluran kali pun ikut tergerus debit air. Tak hanya sampah, material tanah, material bangunan yang terbawa arus air, bahkan bangkai hewan pun ikut terbawa arus tersebut. Bangkai hewan tersebut nampak di saluran kali Pemerintahan Kota Depok yang tersangkut dengan tumpukan sampah lainnya.

Pasca Hujan Deras, Bangkai Hewan Tersangkut Disaluran Kali Pemkot Depok

Menanggapi hal tersebut, salah seorang aktifis lingkungan di Kota Depok, Pardong mengatakan dengan ditemukannya banyak sampah yang berada disaluran kali, menandakan bahwa kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah pada tempatnya, apalagi ditemukan bangkai hewan disaluran kali tersebut.

“Pemkot Depok juga harus lebih gencar memberikan penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Disamping itu, penegakkan hukuman bagi pembuang sampah ke kali perlu di tingkatkan sehingga memberikan efek jera dan tidak mengulanginya kembali,” ujar Pardong kepada Depoktime.com melalui aplikasi Whatsapp pada Jumat (03/01/2019).

Selain peningkatan sosialisasi kebersihan, lanjutnya, juga perlu segera di normalisasi saluran air sungai/kali supaya aliran airnya menjadi lancar.

“Semua perlu kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Depok dan semua element masyarakat. Sehingga dapat memaksimalkan dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, dengan curah hujan tinggi sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (01/01/2020) tersebut beberapa wilayah di Kota Depok terdampak banjir, longsor, dan membutuhkan bantuan.

Dengan instruksi Wali Kota Depok, diharapkan para petugas dan juga elemen masyarakat bisa membantu kondisi yang dihadapi saat ini.

“Ya Alloh Tuhan YME, jadikan hujan ini sebagai rahmat bagi kami, bukan sebagai marabahaya, aman dan selamatkan kami. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin,” doa Mohammad Idris.

Ditempat yang berbeda, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengajak warga untuk saling berbagi dan membantu korban banjir dan tanah longsor. Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah wilayah di Kota.

Menurutnya, bencana banjir dan tanah longsor sebaiknya diambil hikmahnya yakni minimal akan dapat mempererat persaudaraan dan persatuan. Mari kita menjaga lingkungan dan semakin mendekatkan diri ke Allah SWT, berdoa agar kita semua diiberikan keselamatan dan keberkahan. (Udine/DT).

  • Bagikan