Melalui Program TMMD ke-112, Kodim 0508/Depok Rehabilitasi Rumah Tidak Layak

  • Bagikan
Melalui Program TMMD ke-112, Kodim 0508/Depok Rehabilitasi Rumah Tidak Layak

DEPOKTIME.COM, Sawangan-Bertahun-tahun nyaris ambruk, rumah Uci Sanusi, seorang warga RT01 RW05 Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan kini diperbaiki melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim Depok tahun 2021.

Memiliki rumah layak sudah tentu menjadi dambaan banyak orang, namun apa daya, Uci Sanusi yang hanya seorang buruh bangunan tak mampu memperbaiki rumahnya sendiri.

“Saya hanya buruh bangunan, jangankan untuk memperbaiki rumah, buat kebutuhan sehari-hari saja terkadang susah,” tutur Uci, sapaan akrab warga Sawangan tersebut, Kamis (23/09/2021).

Namun demikian, saat ini Uci mengaku bersyukur dan merasa gembira karena rumanya yang hampir ambruk saat ini tengah diperbaiki melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim Depok tahun 2021.

“Alhamdulillah akhirnya saya dapat program bedah rumah dari TMMD. Sudah 2 tahun saya mengajukan perbaikan ke pemerintah, akhirnya terealisasi lewat TNI,” ujarnya.

Uci menceritakan rumah yang ditinggalinya merupakan warisan dari orangtuanya. Sudah puluhan tahun kondisinya rusak. Diantaranya atap bocor, tembok dan keramik retak, serta pintu dan jendela keropos dimakan rayap.

“Sangat mengerikan kalau hujan genteng banyak berjatuhan. Saya tidak punya uang untuk memperbaikinya. Kerja saya hanya kuli bangunan dan serabutan. Uang yang didapat hanya untuk makan dan biaya sekolah anak-anak,” ungkapnya.

Karena itu, Uci mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memfasilitasi sekaligus memperbaiki rumahnya.

“Terima kasih TNI, sekarang rumah saya sudah terlihat bagus dan tak sabar untuk segera ditinggali” terang Uci seraya menambahkan saat ini dirinya bersama keluarga tinggal sementara dirumah kontrakan.

Rasa senang dan bahagia juga dirasakan oleh warga lainnya, yakni Koriah Nursad. Rumahnya yang sudah bertahun-tahun tidak layak huni kini direhab oleh TNI dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 0508/Depok.

Koriah tak henti mengucapkan rasa syukur.“Alhamdulillah, senang sekali rumah saya diperbaiki. Saya tidak bisa membalas kebaikan ini, hanya Allah yang membalasnya. Perbaikan rumah ini berkat upaya RT, RW dan TNI, termasuk warga juga,” ucap Koriah saat ditemui di rumahnya yang sedang direhab.

Perempuan dari empat anak yatim ini mengaku rumahnya seluas 30 meter sudah bertahun-tahun rusak dan sangat tidak layak. Bagian atapnya sudah bocor semua, dindingnya yang terbuat dari bilik bambu sudah bolong-bolong dimakan rayap serta lantainya masih beralaskan tanah.

“Kalau hujan bocor semua, banyak tikus masuk, sangat tidak nyaman,” terangnya.

Koriah juga telah berupaya memperbaiki rumahnya dengan mengumpulkan uang hasil dari santunan anak-anaknya, namun hal itu belum mencukupi.

“Sepeninggal suami saya 7 tahun lalu. Saya berusaha mengumpulkan uang santunan buat perbaiki rumah, tapi tidak cukup karena uang itu dipakai juga untuk makan sehari-hari dan biaya sekolah anak,” ungkapnya.

Koriah juga berupaya untuk mencari uang untuk memperbaiki rumah dengan berdagang. Namun itu tidak berlangsung lama karena dirinya sering sakit.

“Alhamdulillah sekarang rumah saya sudah terlihat bagus dan kokoh. Sudah ada kamar mandi, kamar tidur dan lantainya sudah dipasang keramik,” tuturnya.

Dalam program tersebut, Pasiter Kodim 0508/Depok, Mayor Inf Ibrahim membenarkan kalau kondisi sebelumnya rumah milik Uci Sanusi nyaris ambruk dan rehabilitasi rumah tidak layak huni milik Koriah telah mencapai 80 persen. Perbaikain meliputi pemasangan atap, plafon, dinding kamar, ruang tamu, kamar mandi dan pemasangan keramik.

“Untuk rumah Uci Sanusi, saat ini tengah dilakukan perbaikan dan sudah mencapai 85 persen. Dan Insya Allah pekerjaan rehab rumah Koriah selesai tepat waktu,” tandas Ibrahim. (Udine).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *