Media Sosial Jangan Sampai Gantikan Media Pers

  • Bagikan
Media Sosial Jangan Sampai Gantikan Media Pers

DEPOKTIME.COM, Depok-Banyaknya beredar informasi dari media sosial bisa menggantikan media pers dalam menyajikan informasi yang akurat dan berimbang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekjen Ketua PWI Jaya, Kesit B Handoyo dalam nonton bareng final Liga Champion bersama para awak media yang tergabung dalam group DMC di Kafe Pasar Malam Margonda pada Ahad (02/06/2019).

Terkait hal diatas, Kesit menuturkan media sosial dalam penyajian informasinya tidak detail seperti media pers. Bahkan setiap informasi yang tersaji tidak dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya.

“Misalkan terjadi kecelakaan, media sosial hanya memberitahu kejadian itu tanpa diberi keterangan dalam kecelakaan tersebut perihal korban dan sebagainya. Sedangkan media pers, kepastian dari korban harus jelas, tidak hanya pemberitahuan tentang kecelakaan saja disertai dengan foto,” tuturnya.

Terkait dengan Hoax atau berita bohong yang sudah menjamur, dirinya memaparkan bahwa berdasarkan dari Kominfo tercatat 800ribu situs group sejak tahun 2017 dengan urutan pertama adalah FB dan urutan kedua WA.

“Facebook urutan pertama dan Whatsapp urutan kedua. Teman-teman pasti punya group WA, akan tetapi jangan pernah mengshare kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan atas berita tersebut,” paparnya.

Dia menjelaskan kalau orang media harus dipastikan sumber berita tersebut, sehingga tidak turut menyebar luaskan berita yang belum pasti.

“Pada saat wartawan berselancar dimedia sosial, maka profesinya sebagai wartawan akan hilang. Maka berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil ketua PWI Kota Depok, Rahmat Tarmuji mengatakan terkait keberadaan wartawan yang kompeten di media pers harus mengikuti UKW terlebih dahulu.

“Pemerintah Kota Depok akan memfasilitasi terkait dengan wartawan yang ingin ikut dalam. UKW,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna berharap keberadaan media pers dapat mengimbangi informasi yang berasal dari media sosial. Dan juga dapat menangkal berita hoax yang marak beredar dimedia sosial.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada media pers yang sudah berkontribusi terhadap Pemerintah Kota Depok mulai dari awal hingga menginjak usia ke 20 tahun,”tandasnya. (Udine/DT).

  • Bagikan