BERITA  

Kurangi Pengangguran, Kontes Tanaman Hias Bentuk Peningkatan Ekonomi

Kurangi Pengangguran, Kontes Tanaman Hias Bentuk Peningkatan Ekonomi

DEPOKTIME.COM, DEPOK– Kontes tanaman hias terbesar dari berbagai wilayah di Indonesia, diajang Aroid Nasional (tanaman hias) ini salah satu bentuk peningkatan perekonomian khususnya di Kota Depok sehingga laju perekonomian semangkin bagus, serta mengurangi pengangguran.

Dalam hal ini, Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan atas nama pribadi dan pemerintah mengapresiasi kegiatan kontes tanaman hias terbesar dari berbagai wilayah di Indonesia dia ajang Aroid Nasional (tanaman hias).

“Ini adalah satu-satunya kecamatan di Kota Depok yang melaksanakan acara kontes tingkat Nasional, sehingga kegiatan ini perlu dicontohkan kepada camat yang lain untuk menularkan kebaikannya,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris saat membuka Kontes Tanaman Hias Tingkat Nasional di Godong Ijo, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kemarin.

Masa pandemi Covid-19, lanjutnya, sudah mulai menurun sehingga dengan naiknya laju perekonomian di Kota Depok meskipun masih minus 1,92 di akhir tahun 2020 jauh lebih tinggi dari minusnya Nasional, Jawa Barat bahkan DKI Jakarta.

“Untuk UMKM, pelaku, pemerhati, penghobi bahkan pedagang, mediator tanaman hias dan ikan hias yang menjadi geliat perekonomian di Kota Depok bangkit,” Imbuh Mohammad Idris.

Dirinya mengatakan dalam kontes tanaman hias ini salah satu bentuk peningkatan perekonomian khususnya di Kota Depok sehingga laju perekonomian semangkin bagus, serta mengurangi pengangguran.

Dikesempatan yang sama, Camat Bojongsari, Dede Hidayat menambahkan, hobi tanaman hias ini harus konsiten, gigih dan semangat. Sementara, pedagang dan penghobi tanaman hias sedang tren di kalangan masyarakat disaat wabah Covid-19.

“Kontes Aroid Nasional di sini banyak jenis, seperti Aroid yang memang sedang naik daun Monstera, bahkan harganya juga sangat fantastis, bisa seharga mobil Fortuner. Nah dulu malah ada yang tuker guling rumah hanya menjual jenis Aroid,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kontes Aroid Nasional, Agustinus menuturkan sedikitnya 400 kontestan dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti kontes Aroid Nasional (tanaman hias).

“Peserta yang mengikuti sebanyak 400 peserta dari berbagai wilayah Jabodetabek, Manado, Bali, Malang Kediri, Solo, Bandung. Total hadiah Rp 200 juta, ini adalah kegiatan terbesar di Kota Depok,” imbuh Agustinus.

Ia pun menerangkan bahwa kontes tanaman hias ini sebagai upaya Asosiasi Tanaman Hias Nasional untuk membangkitkan semangat pencinta tanaman hias khusunya di Kota Depok sekaligus sarana silaturahmi, informasi dan edukasi kepada masyarakat luas baik penjual, pembeli, mediator berskala Nasional dan Internasional.

Agustinus berharap dengan kegiatan ini dapat memperluas pedagang tanaman hias atau UMKM khusunya Depok. (Udine/DT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *