KPU Kota Depok dan Kemenkominfo Gelar Forum Dialog Pemilih Pemula

  • Bagikan
KPU Kota Depok dan Kemenkominfo Gelar Forum Dialog Pemilih Pemula

DEPOKTIME.COM, Depok-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia mengadakan kegiatan ‘Forum Dialog Pemuda Sadar Pemilu’ terhadap pemilih pemula di Halaman SMA Negeri 1 Depok pada Jumat (18/01/2019).

Dalam forum dialog tersebut, Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna menyampaikan beberapa hal kepada siswa-siswi terkait dengan gelaran pemilihan umum yang akan dilakukan pada 17 April 2019 mendatang.
KPU Kota Depok dan Kemenkominfo Gelar Forum Dialog Pemilih Pemula

“Pentingnya peranan siswa sebagai pemilih pemula dalam demokrasi di negara ini. Sebagai pemilih pemula dan pemilih muda jangan sampai alergi terhadap politik,” tutur Nana saat berdialog dengan Siswa SMA Negeri 1 Kota Depok.

Lebih lanjut dirinya menegaskan bahwa KPU Kota Depok terus menggencarkan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat, tak terkecuali kepada kelompok pemilih pemula.

“Pemilih pemula yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi kali ini adalah siswa SMA 1 Depok, yang dihadiri oleh lebih dari 300-an orang pemilih pemula dan pemilih muda,” lanjutnya.

Sebagai bentuk upaya dan ikhtiar KPU Kota Depok dalam rangka meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di Kota Depok, KPU Kota Depok terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat termasuk kepada pemilih pemula dan pemilih muda dari kalangan siswa-siswi.

“KPU Kota Depok berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman serta tahapan pemilu kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan bahwa KPU Kota Depok tidak boleh mengabaikan mereka yang muda, karenanya kita harus terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka pemilih muda tersebut, apalagi diantara mereka ada yang menjadi pemilih pemula, yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019.

“Secara data, lebih dari 2400-an orang pemilih pemula yang tercantum dalam daftar pemilih, karenanya mereka harus terus kita berikan informasi tentang pemilu 2019,” tegasnya.

Kegiatan sosialisasi yang kami lakukan, lanjutnya, Kami juga mengecek kepada mereka apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Selain itu juga kami mengajak para siswa menjadi pemilih pemula yang cerdas, diantara indikasinya adalah mereka yg tidak menyebarkan kabar bohong atau hoaks, pemilih pemula harus menyatakan diri perang terhadap hoaks.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini kami memberikan informasi bahwa nanti pada saat hari pencoblosan, 17 April 2019 mereka akan menerima lima lembar surat suara, mereka juga kami berikan informasi tentang partai politik peserta pemilu,” pungkasnya. (Udine/DT).

  • Bagikan