Kota Depok Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Regional, Mohammad Idris: Suatu Kebanggaan Bagi Pemerintah Kota Depok

Kota Depok Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Regional, Mohammad Idris: Suatu Kebanggaan Bagi Pemerintah Kota Depok

DEPOKTIME.COM, Depok – Kota Depok menjadi tempat diselenggarakannya giat Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023.

Atas hal tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menjadi tuan rumah kegiatan Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023.

“Berarti ada sesuatu di Kota Depok,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Aula Teratai Balai Kota Depok, Rabu (10/05/2023).

Kota Depok Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Regional, Mohammad Idris: Suatu Kebanggaan Bagi Pemerintah Kota Depok

Sebab seminar ini, lanjut orang nomor satu di Kota Depok tersebut, merupakan Kerjasama atau merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemkot Depok, Universitas Indonesia (UI), Institute For Global Enviromental Strategis (IGES), dan Asia Pasific Network (APN) dari Jepang.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa seminar yang dikemas dalam bentuk workshop ini, bertujuan untuk membuka kesempatan Kota Depok menjalin jaringan kerja sama antar kota secara internasional dengan negara-negara lain di dunia yang memiliki konsentrasi dalam bidang tata kota.

Ia pun menyambut baik penyelenggaraan seminar ini dan bertindak sebagai ‘keynote speaker’ berharap dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di perkotaan, bukan hanya masalah kemacetan, tetapi juga lingkungan hidup.

“Oleh karenanya, seminar ini bertujuan dalam rangka mewujudkan kolaborasi kita menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di kota, tak hanya kemacetan saja, tapi juga persoalan lingkungan hidup,” katanya.

Ia berharap kerja sama ini tidak hanya sekadar wacana, tetapi pikiran kolaboratif antara pemerintah, non-pemerintah, dan akademisi dapat terwujud dalam aksi nyata, khususnya dalam hal penataan Kota Depok yang kompleksitasnya sangat tinggi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok Dadang Wihana, berharap seminar dan para stakeholder dapat merumuskan kebijakan, terkait perencanaan kota dan pedesaan yang nantinya akan dibawa ke level internasional.

“Poin pentingnya agar bisa merumuskan kebijakan, terkait perencanaan kota dan pedesaan, yang nantinya dapat menjadi rumusan pada level internasional,” jelasnya.

Sementara itu ketua Panitia Seminar Internasional Regional-CES Nasional Workshop 2023, Daniel Harvey Tulis mengungkapkan, seminar yang diselenggarakan selama dua hari dari Hari Rabu (10-11 Mei 2023) bertempat di Aula teratai lantai 1 Balaikota.

Pihaknya ingin memperkenalkan Kota Depok hingga ke level internasional melalui seminar tersebut. Karena Depok memiliki keunikan di tengah keberadaannya sebagai kota metropolitan, yakni tidak meninggalkan kawasan pedesaan yang berada di pinggir kota.

Depok ‘heritage’ menjadi salah satu ciri khas dari kota ini, dimana masih ada persawahan yang dipertahankan.

Dalam kegiatan ini para peserta seminar akan melakukan tinjauan ke sejumlah tempat dan Wilayah potensial di Kota Depok. Sesuai dengan tema seminar Perkotaan dan Pedesaan, seperti Alun-alun di GDC, persawahan di Kecamatan Tapos, dan Cagar Budaya di Area Depok Lama.

“Seminar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan Kota Depok kedepan,” tutupnya. (ADV/Udine).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *