Jokowi Bagikan 5000 Sertifikat untuk Masyarakat Bogor

  • Bagikan
Jokowi Bagikan 5000 Sertifikat untuk Masyarakat Bogor

DEPOKTIME.COM, Depok-Sebanyak 5.000 sertifikat tanah gratis melalui Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL), dibagikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), kepada masyarakat Bogor di Lapangan Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (21/3/2019).

Dari 5.000 sertifikat tanah yang dibagikan, 4.000 untuk masyarakat Kota Bogor dan 1.000 untuk masyarakat Kabupaten Bogor. Mengawali sambutannya, Jokowi mengecek langsung 5.000 sertifikat yang dibagikan.

Jokowi Bagikan 5000 Sertifikat untuk Masyarakat Bogor

Menurut Jokowi, dibagikannya sertifikat secara cepat lantaran kerap terjadinya sengketa tanah dan lahan. Itu diketahuinya saat melakukan kunjungan kerja ke seluruh pelosok Indonesia.

“Konflik lahan, konflik lahan ada dimana-mana. Kenapa itu terjadi? Karena masyarakat tidak memegang tanda bukti hak atas tanah yang dimilikinya, yaitu sertifikat,” ungkapnya.

Selain itu, Jokowi kembali mengingatkan warga yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya ke Bank. Jokowi meminta warga mempertimbangkan dengan matang untuk apa uang yang dipinjam dan untuk kebutuhan apa uang itu.

“Nggak apa-apa, ini dipakai untuk agunan silakan. Tapi saya titip hati-hati minjam ke bank itu hati-hati, dihitung, dikalkulasi, jangan tergesa-tergesa, gunakan semuanya untuk modal usaha, gunakan semuanya untuk modal kerja, gunakan semuanya untuk modal investasi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu ia juga menginformasikan, seluruh penjuru tanah air ini keluar sebanyak 116 juta sertifikat. Akan tetapi, di tahun 2015 lalu baru keluar 46 juta sertifikat.

“Berarti masih kurang 80 jutaan lagi (masyarakat) yang belum pegang sertifikat. Apa kejadiannya, yang seperti saya sampaikan tadi terjadi sengketa lahan, sengketa tanah, konflik tanah. Karena 80 juta masyarakat belum pegang (sertifikat) ini,” paparnya.

Sementara dalam acara tersebut turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Kepala BPN Jawa Barat serta Wali Kota Bogor dan Bupati Bogor.(Udine/DT).

  • Bagikan