Jaga Keamanan Lingkungan Selama Mudik

  • Bagikan
Jaga Keamanan Lingkungan Selama Mudik

SUARADEPOKNEWS.COM, Tapos-Camat Tapos, Muchsin Mawardi mengimbau kepada warga untuk lebih meningkatkan keamanan lingkungan selama musim mudik lebaran 2017. Hal tersebut, untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas di Kecamatan Tapos saat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Muchsin mengatakan, sebelum melaksanakan mudik, para pemudik yang berasal dari Kecamatan Tapos agar melakukan pengecekan keamanan dirumahnya masing-masing terlebih dulu. Sebab, hal tersebut dapat membantu kinerja petugas keamanan setempat untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif saat musim mudik.

“Kami mengimbau bagi yang hendak mudik agar memastikan salurah listrik dan gas di rumahnya sudah mati. Jangan lupa untuk mengunci pintu dan pagar rumah apabila dalam keadaan kosong,” ucap Muchsin Kamis (22/06/2017).

Lebih lanjut, Muchsin mengatakan, bagi para pemudik agar tidak membawa sanak keluarga yang berasal dari kampung halaman saat kembali ke Tapos. Sebab, hal tersebut dapat menimbulkan persoalan baru akibat meningkatnya warga yang tinggal di Kecamatan Tapos.

“Setelah lebaran, kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk melakukan pendataan bagi warga pendatang baru. Kami juga mengharapkan agar mereka harus mengurus surat pindahnya sesuai prosedur yang telah ditentukan,” paparnya.

Dirinya menambahkan, bagi warga Tapos yang tidak melaksanakan mudik, diimbau agar ikut serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Salah satunya, dengan mengikuti kegiatan siskamling yang dilaksanakan di wilayah terdekat dari rumahnya.

“Bagi yang tidak ikut mudik, diimbau agar bisa bersinergis dengan petugas pelindung masyarakat (linmas), kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas), serta Bhayangkara Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) setempat untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kecamatan Tapos ini,” pungkasnya.(DKF/SDN)

  • Bagikan