Curah Hujan Deras, Turap Cluster Azura Longsor

  • Bagikan
Curah Hujan Deras, Turap Cluster Azura Longsor

DEPOKTIME.COM, Depok-Ketika curah hujan deras yang terjadi hari Rabu (20/02/2019) pada pukul 16.00 WIB mengakibatkan turap perumahan Cluster Azura mengalami longsor sehingga menimpa rumah warga.

Tak hanya itu, longsornya turap perumahan Cluster Azura yang diwilayah Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong, mengakibatkan bahan material menutupi Kali Jantung, dan memghancurkan rumah warga dan balai warga RW 18.

Curah Hujan Deras, Turap Cluster Azura Longsor

Menurut saksi mata, Nuryamin menerangkan bahwa pukul 16.00 WIB, turun hujan deras sehingga debit air dari kali jantung tumpah ke jalan setinggi lutut orang dewasa serta masuk kerumah pemukiman warga Komplek Tirta Mandala Blok S RW 18.

“Pada saat hujan deras, tiba-tiba terdengar suara gemuruh, lalu saya melihat keluar rumah dan saya melihat tembok (turap) yang berada disampingnya rumah ambruk,” terang Nuryamin.

Atas kejadian itu, Dirinya memaparkan bahwa sebagian rumah miliknya mengalami kerusakan akibat dari tertimpa material reruntuhan turap.

“Akibat dari kejadian ini sudah dilaporkan kepada pihak PUPR, Damkar, Gegana, DLHK, untuk langsung mengevakuasi bahan material yang menutupi kali Jantung agar air tidak masuk kedalam perumahan,” paparnya.

Terkait hal tersebut, lanjutnya, pihak perumahan Cluster Azura sudah menghubungi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat dari longsornya turap.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” imbuhnya.

Sementara itu, menanggapi laporan terjadinya turap yang longsor, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok segera menurunkan belasan satuan tugas (Satgas) ke lokasi turap longsor.

“Kami akan mendatangkan alat berat guna membersihkan material longsor dan mengantisipasi longsor susulan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR, Citra, yang dikutip dari Sketsaonline.

Dirinya menegaskan bahwa Pihaknya hanya melakukan pembersihan sisa material yang longsor selanjutkan tugas developer perbaiki turapnya.(Udine/DOT/DT).

  • Bagikan