50 Hari Jelang Pelaksanaan Pemilu Serentak, Surat Suara Tiba Lebih Awal

  • Bagikan
50 Hari Jelang Pelaksanaan Pemilu Serentak, Surat Suara Tiba Lebih Awal

DEPOKTIME.COM, Depok-Lima puluh hari menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden telah tiba di gudang KPU Kota Depok yang beralamat di Kubik Logistik Jl. Tugu Raya Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis pada hari ini Selasa, 26/2/2019.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan bahwa surat suara yang datang merupakan jenis surat suara jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur surat suara untuk jenis Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden telah tiba di gudang KPU Kota Depok pada pukul 07.06 pagi ini. Kami bersyukur karena tibanya surat suara ini lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, semula yang terjadwal di awal maret tapi hari ini tanggal 26 februari telah sampai,” ucap Nana dalam deklarasi pemilu damai di Mapolresta Depok.

Dirinya menerangkan bahwa jumlah surat suara untuk pilpres yang telah kami terima hari ini sebanyak 1.335.525 lembar atau 668 box, yang dikirim atau didistribusikan dengan pengawalan dari pihak Kepolisian Resort Depok dan Staf Sekretariat KPU Kota Depok dari percetakan PT. Pura Barutama yang beralamat di Kabupaten Kudus Jawa Tengah sejak hari senin kemarin.

“Dengan datangnya surat suara, tentu dalam waktu yang tidak lama kami juga akan memulai untuk melakukan kegiatan penyortiran dan pelipatan terhadap surat suara yang telah tiba ini, kami saat ini tengah mempersiapkannya secara matang, agar kegiatan penyortiran dan pelipatan dapat berjalan dengan baik,” paparnya.

Untuk surat suara yang lain, lebih lanjut dirinya menerangkan akan terus berkoordinasi dengan divisi logistik KPU Provinsi dan KPU Pusat terkait dengan jadwal kapan pendistribusian dilakukan untuk Kota Depok. Kami berharap secara bertahap dalam waktu dekat surat suara yang lain juga dapat tiba di Depok.

“Logistik pemilu merupakan salah satu instrumen tahapan dalam pemilu yang tidak boleh dianggap remeh. Pemilu sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih. Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui logistik. Jadi, logistik pemilu memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi kepemimpinan lima tahunan sekali disamping instrumen tahapan yang lain,” tandasnya.

Salah satu bentuk kesuksesan dari pelaksanaan pemilu tahun 2019 adalah terkelolanya logistik pemilu dengan baik. (Udine/DT).

  • Bagikan